Monday, November 16, 2009

What Do Leaders Do in Difficult Times

Pemimpin adalah mereka yang bisa merangkul anak buah dan memberikan solusi kala terjadi krisis. Karenanya saat orang lain menganggap krisis adalah hambatan dan masalah, seorang Pemimpin menganggap krisis itu sebagai suatu tantangan dan sesuatu yang menggairahkan mereka.
Ketika melihat tantangan, maka Pemimpin akan fokus pada solusi. Karena itu ketenangan harus dimiliki para Pemimpin. Dengan ketenangan maka mereka bisa lebih jelas dalam memikirkan suatu solusi dan mereka berani menanggung resiko.

Berikut adalah tiga hal yang harus dimiliki Leaders :
Leaders See Hope Before Others : Pemimpin mampu melihat titik terang sebelum anak buah mereka. Karena pemimpin adalah orang yang berada di posisi depan maka dialah yang harus menunjukkan jalan bagi anak buahnya. Dengan melihat harapan terlebih dahulu, maka dia akan bisa membimbing para anak buahnya menuju ke tanah harapan itu untuk kemudian melakukan sesuatu.

Leaders Express Hope Before Others : Selain memberitahukan suatu harapan pada masa krisis, Pemimpin juga mampu mengekspresikan harapannya itu. Kegembiraannya, optimismenya dan semangatnya. Karena energi itu menular. Ketika para anak buah itu tertular energi positif maka mereka akan bisa lebih tenang dalam melakukan usaha di masa krisis seperti ini.

Leaders Create Hope Before Others : Sebagai manusia, ketidakpastian sewajarnya dialami, namun ini jangan sampai mempengaruhi ketegasan Pemimpin dalam memutuskan sesuatu. Apapun kondisi yang terjadi berikanlah hal positif dan ketenangan serta ketegasan kepada anak buah.

Sumber : Smart FM (95,9)

No comments:

Post a Comment